Sekilas Mengenai Ekonomi Kreatif

Setelah tahun 1980, ekonomi kreatif mulai berkembang secara cepat dan menjadi dasar pengetahuan dari ekonomi modern atau new economy. Ekonomi kreatif terbukti tidak hanya memiliki peranan dalam pertumbuhan ekonomi seperti pada pertumbuhan GDP, tetapi juga berperan dalam pennciptaan lapangan pekerjaan. Melalui ekonomi kreatif, sebuah negara dapat mengembangkan sektor pariwisatanya. Dengan meningkatnya international exchanges, developing countries menyadarai pentingnya pengembangan sektor industri kreatif.

Industri kreatif dapat dikatakan sebagai hal yang baru dalam perekonomian. Term ‘creative industries’ pertama kali diperkenalkan di Australia pada tahun 1994 dalam laporan ‘Creative Nation’. Laporannya berisi mengenai kebijakan kebudayaan pertama dalam sejarah Austria dan bagaimana hal itu berperan dalam pengembangan kerja kreatif dan kontribusinya pada ekonomi di Austria. Dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa teknologi berperan penting dalam menunjang perekonomian dan kompetisi Austria di dunia.

Setelah itu konsep ekonomi kreatif dipelajari dan dikembangkan lebih jauh di Inggris. Inggris merupakan negara pertama di dunia yang mempelajarin mengenai ekonomi kreatif dan memberi penjelasan lebih mendalam mengenai implikasi dari industri kreatif. Sekarang setelah beberapa tahun, Inggris memiliki industri kreatif terbesar di Eropa, dan kontribusi industri kreatif terhadap GDPnya juga merupakan yang terbesar di dunia.

Pasar global untuk barang dan jasa yang diperdagangkan dari industri kreatif telah menikmati dinamika dalam beberapa tahun terakhir. Nilai ekspor dunia kreatif-industri barang dan jasa mencapai $424.4.billion pada tahun 2005. Selama periode tahun 1996-2005, industri kreatif tumbuh pada tingkat tahunan sebesar 8,7 per persen untuk periode 2000-2005. Tren ini kemungkinan berlanjut untuk sepanjang dekade mengingat positifnya permintaan global.

Ekspor barang kreatif menyumbang 3,2 persen dari perdagangan dunia dalam barang-barang dagangan. Pada tahun 2005, mereka mencapai $ 335.500.000.000 dan mewakili tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 6,0 persen selama periode tersebut. Ekspor jasa kreatif meningkat sebesar 8,8 persen per tahun, naik dari $ 38200000000 pada tahun 1996 menjadi $ 89 milyar pada 2005. Dalam setiap kasus, perdagangan jasa kreatif tumbuh lebih cepat daripada perdagangan barang kreatif .

unctad export

 

Untuk pertama kalinya, perdagangan internasional untuk industri kreatif dipublikasikan, menyediakan bukti bahwa industri kreatif merupakan dinamika baru dalam perdagangan internasional. Potensi pasar dunia akan industri kreatif sangat besar dan cepat dan baru akhir-akhir ini diperhatikan oleh negara-negara di dunia. Ekonomi kreatif memberikan kesempatan-kesempatan baru bagi developin countries untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi mereka dan juga meningkatkan partisipasi dan kompetisi di perdagangan internasionalnya. Industri ekonomi sudah mendorong trade di beberapa negara terutaman negara-negara di Asia.

Berikut merupakan klasifikasi UNCTAD akan industri kreatif:

  1. Heritage
  2. Performing Arts
  3. Visual Arts
  4. Audiovisuals
  5. Publishing and printed media
  6. Design
  7. New Media
  8. Creative services
  9. Royalties and licence fees
  10. Related Industries

unctad class

Walaupun selama lima tahun terakhir banyak penelitian dan studi telah dilakukan di Inggris, tetap tidak ada penafsiran yang konsisten mengenai ekonomi kreatif baik di tingkat lokal maupun regional. Pada kasus di Inggris terdapat system yang kompleks mengenai ekonomi kreatif yang sering disalah pahami oleh pembuat kebijakan setempat. Akibatnya semua kebijakan mengenai ekonomi kreatif menjadi inefisien pada jangka panjang. Selain itu di Inggris, industri kreatif cenderung lebih volatile dibanding industri lainnya. Dimana saat terjadi resesi, jumlah unemployment pada industri kreatif lebih besar dibandingkan industri lain, namun saat perekonomian sedang membaik industri kreatif dapat meningkatkan jumlah employment yang lebih banyak dibandingkan industri lainnya.

Industri kreatif terbukti dapat mendorong perkonomian suatu negara dan juga meningkatkan kesejahteraan negara tersebut. Namun karena terbilang masih ilmu baru, masih banyak peneletian dan studi yang harus dilakukan. Inggris sebagai negara yang mengimplementasikan ilmu ini terlebih dahulu dapat dijadikan contoh atau panutan untuk membuat kebijakan-kebijakan mengenai industri ini.

References

Chapain, C., & Comunian, R. (n.d.). Enabling or Inhibiting the Creative Economy: the Role of the Local and Regional Dimensions in England. Economic Geography Research Group, Working Paper Series No. 03.09.

(n.d.). Creative industries – a summary of international research and comparisons.

Knell, J., & Oakley, K. (n.d.). London’s Creative Economy: An Accidental Success?

unctad.org. (n.d.).

 

Tasya Shabrina Yusira

1006690216

One thought on “Sekilas Mengenai Ekonomi Kreatif

  1. Saya menyimpulkan dan menduga bahwa ekonomi kreatif itu lebih cocok dilkaksanakan oleh negara yang lebih maju. menurut hipotesa saya hal in terjadi karena ekonomi kreatif lebih ditopang oleh kapsitas sumberdaya manusia ( skil Labour). meungkin akan susah dilksaakan untuk negara yang tergolong berkembang yang masih bertumpu pada kekuatan SDA. dan menurutAlvin Toffler (1980) dalam teorinya melakukan pembagian gelombang peradaban ekonomi kedalam tiga gelombang. Gelombang pertama adalah gelombang ekonomi pertanian. Kedua, gelombang ekonomi industri. Ketiga adalah gelombang ekonomi informasi. Kemudian diprediksikan gelombang keempat yang merupakan gelombang ekonomi kreatif dengan berorientasi pada ide dan gagasan kreatif.
    Namun persiapan yang matang dan semakin cepat untk mempersiapkan ini akn berdampak positif terhadap kemajuan ekonomi.
    Tapi juga harus diperhatikan bahwa apakh akan adanya kemungkinan lahirnya bayi yang prematuer ketika ekonomi kreatif terlau dini dilaksanakanuntuk beberapa negara yang sedang berkembang, karean kebanyakan komoditi yang dihasilakn adalahbarang sekunder atu tersier yang masih kurang diperhatian untuk negar yang sedang berkembnag, namun potensi ini tetap ada jika ekspor untuk sektor ini bisa dimaksimalkan.

    AZIZON 1006771314

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: