Revealed Comparative Advantage (RCA) Komoditas Ekspor Filipina di Pasar USA Tahun 2010

Revealed Comparative Advantage (RCA) Komoditas Ekspor Filipina di Pasar USA Tahun 2010

Oleh Eka Aulia Labibah/ 1006662061

Tak dapat dipungkiri, kedatangan era globalisasi yang tak terelakkan membuat negara-negara di dunia melakukan kegiatan perdagangan internasional seperti kegiatan ekspor dan impor. Untuk mengetahui bagaimana kondisi perdagangan internasional suatu negara terhadap salah satu pasar, salah satunya dapat menggunakan Revealed Comparative Advantage atau biasa disingkat RCA. Fungsi dari RCA adalah untuk mengetahui komoditas apa saja yang memiliki comparative advantage dari suatu negara ke pasar terkait dalam suatu waktu tertentu sehingga dapat dianalisa bagaimana daya saing negara tersebut. Contoh kasus yang penulis dapatkan adalah komoditas ekspor negara Filipina di pasar USA pada tahun 2010.

Rumus untuk menghitung RCA adalah sebagai berikut:

Xij/Xit 

Xiw/Xw

Keterangan:

Xij : nilai ekspor komoditas i dari negara j ke pasar terkait

Xit : total nilai ekspor dari negara j ke pasar terkait

Xiw nilai ekspor dunia komoditas i ke pasar terkait

Xwt : total nilai ekspor dunia ke pasar terkait

Jika hasil RCA pada komoditas tertentu lebih besar dari satu maka komoditas tersebut memiliki comparative advantage dan begitu pula sebaliknya.

Setelah menghimpun suatu data yang diolah dari www.comtrade.un.org (sebuah database perdagangan internasional dari berbagai negara di dunia), penulis menemukan sepuluh komoditas dengan kemampuan daya saing yang baik di pasar USA pada tahun 2010.

RCA Philippines-USA Marlet 2010

RCA Philippines-USA Market 2010

Dari grafik diatas, dapat dilihat bahwa komoditas ekspor Filipina di pasar USA masih didominasi oleh sektor agrikultura tertuma holtikultura. Namun, komoditas menufaktur Filipina juga berkembang sehingga mampu memliki daya saing yang cukup tinggi di pasar USA sebesar 15.89. Amerika sebagai salah partner perdagangan USA jelas memiliki andil dalam aliran perdagangan Filipina. Walaupun USA sempat menurunkan permintaan akan ekspor Animal,vegetable fats and oils pada pertengahan tahun 1990 namun komoditas ini tetap komoditas ekspor terbesar dari Filipina hingga kini. Sektor perikanan di Filipina pun memiliki peluang yang bagus untuk ditingkatkan daya saingnya mengingat Filipina juga merupakan negara kepulauan. Selain itu terjadi pergesaran komoditas ekspor unggulan dari Filipina di pasar USA yang digantikan oleh sektor dairy product, apparel dan tembakau.

Referensi:

http://www.comtrade.un.org

Changing Comparative Advantage in East Asian Economies oleh Dr Gwo-Jiun Mike Leu

Nanyang Technological University

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: