RCA Indonesia Terhadap Pasar Jepang 2010

Utami Putri Manvi
1006662175

Kemampuan Indonesia sebagai suatu negara  menghadapi globalisasi dalam perdagangan bebas sangat tergantung pada daya saing relatif dari sektor-sektor ekonomi di dalam negeri Banyak cara yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat daya saing suatu industri atau sektor, diantaranya adalah Revealed Comparative Advantage (RCA) Index sesuai formula dari Balassa.

RCA = (Xij/Xit)/(Wj/Wt)

dimana:

RCA revealed comparative advantage

Xij : nilai ekspor komoditas i dari negara j ke pasar terkait

Xit : total nilai ekspor dari negara j ke pasar terkait

Wnilai ekspor dunia komoditas i ke pasar terkait

Wt : total nilai ekspor dunia ke pasar terkait

Indeks ini membandingkan pangsa dari suatu produk yang di ekspor suatu negara misalnya Indonesia dengan pangsa dari produk tersebut didalam ekspor total dunia di Pasar Jepang. Nilai indeks besar sama dengan  1 menandakan bahwa Indonesia mempunyai keunggulan relatif (tingkat spesialisasinya tinggi) terhadap produk tersebut di pasar tujuan, dan sebaliknya jika nilainya lebih kecil dari 1 berarti daya saing Indonesia untuk produk tersebut rendah, dibawah rata-rata dunia.

Pada tahun 2010, total ekspor Indonesia ke Jepang hampir mencapai US$25,8 milyar. Nilai ekspor tersebut cukup tinggi  mampu menggambarkan kondisi spesialisasi dan daya saing ekspor  Indonesia  di pasar Jepang. Untuk menghitung nilai RCA pada ekspor Indonesia ke Jepang  pada tahun 2010 digunakan data impor Jepang  dari Indonesia dan pasar dunia untuk menghindari terjadinya mirroring, yaitu kesalahan dalam penghitungan ekspor. Grafik di bawah ini  menggambarkan sepuluh  komoditas ekspor unggulan Indonesia di pasar Jepang  memiliki nilai RCA lebih dari 1.

 Image

Berdasarkan grafik diatas sepuluh komoditas unggulan  ekspor Indonesia di pasar jepang yang memiliki  daya saing relatif adalah sebagian besar komoditas yang berbasis sumber daya alam dan  belum diolah menjadi barang jadi.  Komoditas ini di Jepang digunakan sebagai input produksi  seperti Nikel, Tembaga ,serat stape, Karet , kapas, Tin dan pulp kertas. Hanya  wol yang dibuat dari bulu hewan yang merupakan barang setengah jadi yang diekspor  Indonesia ke pasar Jepang selanjutnya senjata, amunisi dan Instrumen musik. Ekspor Indonesia yang memiliki daya saing tertinggi dengan RCA tertinggi adalah nikel ,hal ini  disebabkan kebutuhan industri jepang  yang tinggi dan sebagian besar  bergerak di bidang  teknologi yang membutuhkan nikel sebagai input.

Dari Perhitungan RCA ini kita bisa melihat produk unggulan relative  Indonesia dipasar Jepang masih sangat bergantung kepada kekayaan  alam  . Pemerintah harus meningkatkan perhatiannya  terhadap produk ini karena kekayaan alam akan mengalami degradasi dari tahun ke tahun seiring diekploitasi  secara terus menerus . Pemerintah harus  mendorong industrialisasi sehingga ekspor  komoditas   input dimana setelah diambil dari alam langsung diekspor bertransformasi menjadi  produk  yang  mulai diolah menjadi barang setengah jadi selanjutnya menjadi barang jadi langsung bisa dikonsumsi sebelum diekspor secara bertahap. Hal ini akan meningkatkan value barang tersebut .  Selain itu bermanfaat  memperluas pemasaran hasil industri indonesia ,menambah pendapatan negara, serta memperluas kesempatan kerja di Indonesia.

Sumber : wits.worldbank.org, diolah

One thought on “RCA Indonesia Terhadap Pasar Jepang 2010

  1. Akhuda says:

    Dear Tami, saya ingin bertanya, apakah sebesar itu pentingnya diversifikasi komoditas ekspor indonesia terhadap perekonomian Indonesia? mengingat dalam kenyataannya Ekspor kita bukanlah kontributor terbesar dalam GDP dan bahkan yang menjaga neraca perdagangan kita tidak besar defisitnya adalah kontribusi dari ekspor barang primer tersebut bukan ekspor barang jadi ataupun barang setengah jadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: