RCA Filipina Terhadap Pasar USA Tahun 2005

Oleh Dina Alvionita (1006662055)

 

RCA FIL_USA

 

Grafik 1, menunjukkan 10 komoditas ekspor Filipina yang memiliki rasio Revealed Comparative Advantage (RCA) tertinggi, terhadap pasar Amerika Serikat (USA) di Tahun 2005. Rasio RCA ini menunjukkan comparative advantage dari suatu komoditas yang dimiliki oleh suatu negara, terhadap negara lain. Apabila hasil perhitungan ini bernilai lebih dari 1, maka negara tersebut memiliki comparative advantage pada komoditas tersebut.

Amerika Serikat merupakan salah satu partner dagang utama bagi Filipina. Dari grafik di atas, terlihat bahwa Filipina memiliki comparative advantage pada komoditas indutri pengolahan, seperti olahan anyaman, makanan, perikanan, pakaian, hingga peralatan listrik. Hal ini kemudian mengindikasikan bahwa Filipina memiliki comparative advantage pada komoditas padat karya (labor intensive).

One thought on “RCA Filipina Terhadap Pasar USA Tahun 2005

  1. ekaaulialabibah says:

    Din, info tentang daya saing Filipina dikit banget yah😦 Nemu cuma satu jurnal nih tapi perkembangannya di tahun 1990-an itu lebih jelasin tentang pergeseran market share ekspor dari Jepang. Dan anyway, kaget juga komoditas elektronik dan jam tangan semapat menjadi 10 komoditas unggulan, sekarang tergantikan komoditas tembakau dan dairy product.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: