How the iPhone widens the US trade deficit with China*

#barutau

Pemerintah Amerika Serikat yang gusar karena neraca pembayarannya dengan China ternyata defisit,  menuduh negara asal panda ini melakukan kecurangan dengan nilai tukarnya.  Akan tetapi sebetulnya Apple, perusahaan besar negara paman sam inilah yang ikut menyumbang keadaan itu. Menurut paper yang ditulis oleh Yuqing Xing, How the iPhone widens the US trade deficit with China (2010), disebutkan bahwa pada tahun 2009, iPhone menyumbang defisit ke neraca perdagangan Amerika Serikat sebesar US$ 1,9 miliar.

iPhone  yang merupakan salah satu produk yang berteknologi tinggi asal Amerika Serikat, ternyata produksinya lebih banyak dilakukan di luar negeri. iPhone produksi komponennya melintasi empat negara yaitu Republik Korea, Jepang, Jerman, dan Amerika Serikat. Komponen yang sudah diproduksi ini lalu dirakit sebuah perusahaan bernama Foxconn di China. Setelah dirakit, iPhone yang layak pakai langsung dikirim kembali ke Amerika Serikat dan seluruh dunia. Tidak aneh bila kita akan menemukan tulisan “Designed by Apple in California, Assembled in China” di kotak iPhone yang kita beli.

Semenjak iPhone seluruhnya dirakit di China, maka produk ini dihitung menjadi ekpor China, hal inilah yang menjadi salah satu komponen penyebab defisit Amerika Serikat.Walaupun ternyata China hanya mendapat 3,6% dari total manufacturing cost namun yang dihitung sebagai expor China adalah harga iPhone layak pakai.

Image

iPhone memang menyumbang defisit neraca perdagangan negara asalnya, namun production chain dari iPhone juga tidak sejalan  dengan teori Ricardian dan Heckscher-Ohlin. Proses produksi iPhone mengilustrasikan bagaimana terjadinya global production network di mana berkembang seperti China yang labor abundant ternyata mengekspor barang berteknologi tinggi ke negara capital abundant seperti Amerika Serikat.

*Untuk lebih lengkapnya, paper yang ditulis oleh Yuqing Xing, How the iPhone widens the US trade deficit with China bisa dibuka di (http://www.adbi.org/files/2010.12.14.wp257.iphone.widens.us.trade.deficit.prc.pdf)

eka pujiastuti 1006662074

5 thoughts on “How the iPhone widens the US trade deficit with China*

  1. wilramadhan says:

    Nice info ek! gw download juga nih jurnalnya. Ini kayak yang diceritain kak kiki dikelas dulu kan ya

  2. Riyan hidayat says:

    wah eka keren,,
    cuma pengen nambahin terkait kasus ekpsort import Iphone yang tidak sejalan dengan perkiraan HO model. hal itu terjadi karena pada kenyataannya teknologi antar negara itu tidak sama, sementara HO model mengasumsikan teknologi itu sama antar negara. asumsi HO model tidak terjadi di kenyataan sehingga prediksi HO model pun juga bisa melenceng. selain itu, di HO model juga belum di masukkan masalah skil labor yang berbeda-beda. dalam HO model skill labor di berbagai negara dianggap sama. nah, pada kenyataannya skill labor itu diberbagai negara juga berbeda sehingga prediksi HO model juga bisa melenceng karena asumsinya kembali terlanggar

    • pujiastutieka says:

      wah info yang bagus riyan..
      selain itu menurut Xing juga kenneth, kreamer dan dedrick (link ada di comment wildan) hal ini bisa terjadi karena adanya motif profit maximization oleh Apple sendiri.sebetulnya bisa saja diproduksi di US, namun profit apple akan turun dari 64% menjadi hanya 50%. masih banyak juga sebetulnya, dan hal itu bisa nambah lapangan pekerjaan di US, tapi lagi-lagi ini masalah profit. jadi silahkan pikir-pikir kalau mau beli produk Apple karena aslinya harganya hanya setengahnya

  3. […] bagaimana China menekan neraca perdagangan negara lain dapat dibaca di artikel yang ditulis oleh Eka, dan bagaimana kurs China dikambinghitamkan atas hal […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: