Commanding Heights: The Battle of Idea

Panji Caraka Djani (1006690102)

The Commanding Heights: The Battle for The World Economy merupakan sebuah buku karya Daniel Yergin dan Joseph Stanislaw yang diterbitkan pada tahun 1998 lalu dijadikan sebuah dokumenter oleh PBS pada tahun 2002. Seri dokumenter PBS ini sendiri membagi buku Commanding Heights menjadi 3 episode dengan durasi masing-masing 2 jam. Episode pertama merupakan The Battle of Ideas, episode kedua berjudul The Agony of Reform dan episode terakhir merupakan The New Rules of The Game. Dalam tulisan ini, saya akan mereview episode pertama dari Trilogi Commanding Heights.

The Battle of Ideas bisa dikatakan sebagai sebuah dokumenter yang relatif berat, terlebih karena durasi dokumenter ini yang cukup panjang membuat penonton lumayan bosan apabila tidak terlalu tahan dengan “tone” dari dokumenter ini. Namun tetap saja dokumenter ini menunjukkan sebuah pandangan yang menarik.

The Battle of Ideas ini menjadi sebuah judul yang cukup self explanatory dikarenakan membahas tentang perseturuan antara dua pandangan ekonom terkemuka yaitu John Maynard Keynes serta Friedrick von Hayek. Keynes memiliki pandangan bahwa pemerintah harus mengintervensi perekonomian karena market economy rentan terhadap market failure. Sedangkan Hayek beranggapan bahwa market akan memperbaiki masalah sendiri, dan keberadaan campur tangan dari pemerintah sendiri akan menimbulkan pengekangan pada pasar bebas, biasanya konsep ini dikenal dengan konsep laissez faire.

Semua bermula setelah berakhirnya Perang Dunia pertama dimana Austria maupun Jerman mengalami sebuah keterpurukan ekonomi. Namun di Amerika sedang terjadi boom yang ditandai dengan banyaknya orang Amerika yang berani beli saham radio. Namun implikasi dari boom ini menghasilkan sebuah bubble yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya The Great Depression. Akibat inilah terlihat jelas bahwa semakin banyak orang yang percaya kepada Keynes karena terlihat bahwa pasar tidak bisa memperbaiki disinya sendiri, sehingga pengikut Keynes semakin banyak. Namun pada tahun 1944, saat AS sudah mengikuti ajaran Keynes dan melakukan peminjaman uang dan di pompa saat Perang Dunia II berlangsung, Hayek menerbitkan bukut yang menjelaskan bahwa intervensi berlebih akan mengganggu mekanisme pasar. Buku ini tentunya tidak berpengaruh karena sudah banyak yang percaya Keynes.

Namun titik balik dari opini publik terjadi saat Amerika sedang mengalami stagflasi. Akibat stagflasi ini menunjukkan bahwa ajaran Keynes tidak sepenuhnya benar dan mengakibatkan orang untuk merubah opini terhadap Father of Economics itu sendiri. Sehingga lebih banyak yang memihak ke Hayek dan membuat Hayek menerima sebuah nobel dikarenakan Margaret Thatcher pun membela Hayek. Disinilah juga terlihat bahwa opini publik terdorong oleh tokoh-tokoh besar khususnya dalam politik seperti Reagan, Thatcher, dan Kennedy.

Pada dasarnya episode pertama berjudul Battle of Ideas ini menjadi tontonan yang menarik karena membuat kita berpikir tentang betapa berbedanya kedua ideologi ini, namun keduanya menjadi sebuah perdebatan yang hingga detik ini masih ramai dibicarakan oleh ekonom maupun politikus. Overall dokumenter ini memberikan beberapa perspektif baru dalam menganalisa market itu sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: