CMSA EXPORT PHILIPPINE IN US MARKET (2005-2010)

Asfiya Purnamasari Effendi-1006662010

CMSA Phil-US

Berdasarkan data dari Pemerintah Filiphina, 18% dari ekspor Filiphina pada tahun 2006 adalah untuk U.S. Disamping itu, Filiphina tergolong sebagai pemasok terbesar ke 30 bagi komoditas-komoditas impor di Amerika. Dan dari data diatas, dapat kita simpulkan juga bahwa komoditas impor terbesar bagi U.S. dari negara Filiphina adalah: (1)electric machinery equipment parts thereof, (2) Optical, photo, cine, meas, checkin, (3) wheat and animal feeds, (4) Prep of meat, fish or crustaceans, serta (5) Rubber and articles thereof. Dengan kata lain, Filiphina secara umum mengimpor raw material dan semi-processed materials bagi U.S.
Data juga menunjukkan bahwa Amerika telah menjadi investor asing terbesar bagi Filiphina, yaitu sekitar $6.6 milyar investasi diakhir tahun 2005 (U.S. Department of Commerce data). Dalam dua dekade terakhir ini, U.S. dan Filiphina telah menekankan perkembangan hubungan perdagangan bilateral dan investasi yang mengikat untuk meningkatkan kesejahteraan bagi kedua negara.

Untitled

Dari analisis data CMSA yang diperoleh dapat diketahui bahwa, produk Filiphina yang mendominasi pasar impor U.S adalah electronical machinery equipment yaitu sekitar $541,3 juta. Dan Efek Pertumbuhan Ekspor Filiphina ke U.S. ini paling didominasi oleh Import Growth Effect yaitu sekitar 78,7% dari total CMSA, dan merupakan Import Growth Effect tertinggi dibandingkan dengan kelompok 5 produk tertinggi lainnya. Ini menunjukkan bahwa dari sisi permintaan U.S. terhadap partisi dari barang-barang elektronik terhadap Filiphina masih sangat tinggi.

Adapun dari sisi permintaan lain, analisis data diatas menunjukkan bahwa Efek Komposisi paling tinggi diduduki oleh produk Optical, photo, cine, etc. Yang berarti bahwa U.S. secara tidak langsung telah menjadikan Filiphina menjadi spesialis dari produk berkode HS90 ini. Disamping itu, Efek Daya Saing ternyata didominasi oleh produk electronical machinery equipment, yang berarti bahwa kemampuan Filiphina dalam melakukan penetrasi pasar U.S. khususnya pada produk-produk ini sangat mendominasi pertumbuhan ekspor Filiphina ke U.S.

Sumber Data:
COMTRADE (Retrieved from wits.worldbank.org)

Sumber Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Philippines%E2%80%93United_States_relations
http://www.rttnews.com/1807217/us-philippines-to-strengthen-defense-trade-cooperation.aspx
http://www.state.gov/r/pa/ei/bgn/2794.htm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: