ANALISIS RCA THAILAND DI PASAR AMERIKA SERIKAT TAHUN 2005

Azizon 1006771314

Sebagai negara terbuka, maka perekonomian Thailand tidak hanya ditopang oleh ekonomi domestik,  tetapi juga oleh perekonomian internasionalnya. Bicara tentang perekonomian international tentu tidak terlepas dari sektor ekspor dan impor. Sektor ekspor dan impor inilah yang akan membentuk neraca perdagangan. Kualitas ekspor suatu negara bisa terlihat dari daya saing komoditi yang dihasilakan oleh negara tersebut. Daya saing ini akan menentukan bagaimana kekuatan produk dalam merebut pangsa pasar yang ada didunia international. Semakin berdaya saing suatu produk maka akan membuat produk tersebut banyak diminta dan diminati. Permintaan atau minat inilah yang akan mendorong naiknya ekpor barang tersebut yang pada akhirnya akan berpengaruh kepada peningkatan neraca perdagangan suatu negara.

Analisis daya saing ini sendiri sudah diformulasikan oleh Balassa (1965) dalam metode RCA ( Revelead Competitive Advantage). RCA dihitung dengan membandingkan performa produk ekspor suatu negara dengan ekspor dunia untuk produk tersebut. RCA inilah yang digunakan sebagai salah satu cara mrngukur keunggulan suatu produk yang dapat diperbandingkan dalam suatu daerah atau kawasan.  RCA ini dihitung dengan menggunakan rumus:

Rumus interla

Pada formula tersebut bisa kita lihat bahwa RCA ini akan mencerminkan bagaimana sumbangsih atau pengaruh suatu komoditi sebuah negara terhadap perdagangan international yang dimasukinya. Bicara lebih spesifik mengenai daya saing komoditi-komoditi Thailand terhadap pasar Amerika serikat, secara defenisi RCA maka dapat kita katakan bahwa analisis ini adalah dalam rangka untuk mengetahui betapa besar pengaruh dari komoditi yang berasal dari Thailand dipasar Amerika Serikat. Dari Nilai RCA ini akan bisa diketahui apakah produk tersebut berdaya saing dipasaran Amerika atau tidak. Jika angka RCA menunjukkan lebih besar dari satu maka komoditi  tersebut bisa dikatakan berdaya saing sedangkan jika nilai RCAnya kurang dari 1 maka komoditi tersebut tergolong tidak memiliki daya saing.

Berdasarkan perhitungan data RCA tahun 2005  yang telah dilakukan maka didapatkan bahwa ada sekitar 38 dari 97 komoditi Thailand yang berdaya saing dipasaran Amerika Serikat. Angka ini temasuk angka yang cukup bagus karena hampir 40 persen komoditi Thailand  yang diperdagangkan memberikan sumbangsih  ( dapat bersaing ) di pasar Amerika Serikat. 10 komoditi yang memiliki daya saing tersebut bisa dilihat dari grafik yang menggambarkan RCA tertinggi Thailand di Pasar Amerika Serikat berikut ini:

grafik

sumber: data diolah

Komoditi Thailand yang paling tinggi tingkat Competitive Advantagenya adalah Kintted or crocheted fabrics. Angka RCA yang dimiliki oleh produk ini adalah sebesar 87.2 dimana angka ini bisa dikatakan sebagai outlier karena memiliki range yang jauh lebih tinggi dibandingkan produk yang lain dibwah nya yang berkisar diangka 30 an seperti Furskins and artificial fur;  manuf (32.5) , Furskins and artificial fur;  manuf (31.9), Arms and ammunition; parts and  acc (30.9) serta Prep of meat, fish or crustaceans (25.9).

tabel

sumber: data diolah

Dari data ini bisa dilihat bahwa ekspor Thailand ke Amerika Serikat didominasi oleh komoditi asli Thailand yang memang sudah pada dasarny memilki comparative advantage. Tahiland yang terkenal sebagai salah satu negara tujuan wisata dan memilki budaya yang identik sangat mempengaruhi keadaan ini. Kita lihat pada konoditi Knitted or crocheted fabric. Komoditi ini kita lihat merupakan produk hasil olahan  dan khas Thailand sendiri yaitu berupa produk kerajinan, begitupun juga dengan komoditi kedua yaitu Furskins and artificial fur;  manuf merupakan produk yang dijadikan sebagai bahan baku kerajinan dan bahan tekstil.  Komoditi ketiga pun juga demikian masih dekat hubungan dengan 2 komoditi sebelumnya.

Pada Tahun 2005 ini kita lihat permintaan terhadap 3 komoditi diatas sangat competitive dipasaran Amerika disebabkan lebih karena keadaan pasar di Amerikapun pada saat itu sangat tinggi permintaannya terhadap barang-barang seperti kerajinan dan bahan baku tekstil ataupun hiasan karena  berkembangnya Industri properti di Amerika serikat yang menjadi pemicu terjadinya krisis 2008. Ditambah lagi  komoditi-komoditi dari Thailand ini memiliki kekhasan dan cita rasa tersendiri.

Kesimpulan

Perhitungan RCA Ekspor Thailand terhadap Pasar Amerika Serikat ini bisa dilihat bahwa secara umum pada tahun 2005  trend ekspor Thailand dalam keadaan yang cukup bagus dipasaran Amerika Serikat. Ini dibuktikan dengan banyaknya komoditi Thailand yang memilki angka RCA diatas 1.  Komoditi- komoditi yang  memilki daya saing tinggi tersebut kebanyakan barang bersifat sekunder dan barang pakai seperti kerajnan, hiasan ataupun tekstil. Namun ada yang perlu diperhatikan bahwa nilai  RCA ( Revelead Competitive Advantage) yang tinggi belum tentu menunjukkan nilai ekspornya besar. Sebagaimana contoh untuk kasus Knitted or crocheted fabric yang memilki nilai RCA 87.2 dengan kode produk 60 memilki nilai ekpor yang lebih tinggi dari Miscellaneous articles of base meta (83). Tingginya nilai RCA Knitted or crocheted fabric juga tidak terlepas dari lebih kecilnya juga permintaan dari komoditi tersebut secara umum dipasar Amerika. Sehingga bisa kita simpulkan bahwa sebenarnya Nilai RCA yang tinggi belum tentu menunjukkan nIlai ekspor suatu komoditi juga besar secara nominalnya (kuantitas) tetapi lebih kepada analisis daya saingnya terhadap kompetitor yang lain (kualitas) terhadap komoditi tersebut terutama untuk perbandingan antara  satu negar dengan satu negara lainnya.

 

Reference

(n.d.). Retrieved from http://www.comtrade.un.org

(n.d.). Retrieved from http://www.bangkokpost.com

http://www.wits.wordlbank.org

One thought on “ANALISIS RCA THAILAND DI PASAR AMERIKA SERIKAT TAHUN 2005

  1. hiralaraya says:

    halo azizon! saya juga setuju dengan pernyataan terakhir kamu bahwa besarnya nilai RCA belum tentu menunjukkan juga nilai kuantitas ekspor komoditas tersebut yang besar..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: