Analisis RCA Ekspor Malaysia terhadap Pasar Amerika Serikat Tahun 2005

Panji Caraka Djani (1006690102)

Screen Shot 2013-01-06 at 10.22.47 PM

Screen Shot 2013-01-06 at 10.33.01 PM

Revealed Comparative Advantage (RCA) merupakan sebuah acuan yang digunakan ekonom untuk melihat seberapa besar sebuah negara memiliki relative advantage dalam sebuah produk dibandingkan dengan negara lain. Apabila sebuah negara memiliki nilai RCA yang melebihi 1 maka produk tersebut dapat dikatakan memiliki comparative advantage, sebaliknya apa bila nilai RCA dari sebuah produk memiliki nilai dibawah 1 maka dapat dikatakan bahwa negara tersebut tidak memiliki comparative advantage.

Berdasarkan tabel serta gambar diatas, kesepuluh produk yang ditunjukkan merupakan sepuluh produk dengan RCA terbaik yang dimiliki oleh Malaysia terhadap pasar di Amerika Serikat.Namun apabila melihat nilai RCA dari kesepuluh produk diatas, dapat dilihat bahwa Malaysia tidak memiliki comparative advantage apapun dibandingkan dengan Amerika Serikat pada tahun 2005.

Pada peringkat pertama, Malaysia memiliki keunggulan dalam produk Animal,vegetable fats and oils, cleavage products, etc yang bisa dikatakan bahwa produk tersebut berasal dari sektor primer. Namun pada peringkat kedua terdapat produk Electrical, electronic equipment serta pada peringkat ketiga terdapat Machinery, nuclear reactors, boilers, etc yang menjadi ekspor utama Malaysia. Hal ini menunjukkan bahwa Malaysia sudah mulai berpindah dari sektor primer, dan lebih fokus kepada proses industrialisasi. Meski sisa dari sepuluh produk dengan nilai RCA tertinggi Malaysia berasal dari sektor primer, namun dengan adanya perkembangan teknologi yang cepat di Malaysia, proses pemindahan konsentrasi dari sektor primer menjadi sektor industri bisa dicapai Malaysia dalam waktu yang relatif lebih singkat. Namun tetap saja pada tahun 2005, dapat dikatakan bahwa Malaysia masih lemah untuk menguasai pasar Amerika Serikat dikarenakan masih belum memiliki comparative advantage pada sektor manapun.

Sumber: http://www.trademap.org

4 thoughts on “Analisis RCA Ekspor Malaysia terhadap Pasar Amerika Serikat Tahun 2005

  1. Akhuda says:

    Fakta yang menarik rak, bahwa ternyata malaysia pun masih tergantung pada ekspor komoditas primer sama seperti negara negara lain di Asia tenggara, saya setuju dengan pendapat anda bahwa masih sangat sulit bagi malaysia untuk mengungguli pasar Amerika serikat, namun berkaitan dengan hal tersebut, apakah mungkin apabila malaysia merubah spesialisasi produk mereka dari barang primer ke barang industri, malaysia masih mampu untuk bersaing dalam kegiatan ekspor impor? mengingat ekspornya yang masih didorong oleh barang primer .

  2. rakadjani says:

    Menurut saya sangatlah mungkin untuk sebuah negara seperti Malaysia merubah spesialisasi produk dari barang primer ke industri, dan tentunya hal tersebut akan mendorong ekonomi Malaysia. Namun hingga tahun 2010, belum terlihat gerakan yang cukup signifikan dari Malaysia untuk merubah spesialisasi produk, bahkan terjadi perubahan nilai RCA pada produk pertama Malaysia berupa animals, vegetable fats and oils yang sekarang memilki comparative advantage dibandingkan dengan Amerika Serikat. Tapi juga terdapat sebuah poin penting dimana, mitra dagang utama Malaysia dalam perdagangan merupakan Cina, Singapore dan Jepang yang masih memegang sekitar 40 persen dari ekspor Malaysia. Sehingga dalam kegiatan ekspor dan impor Malaysia masih mampu bersaing, meski tidak bisa bersaing dengan kuat melawan Amerika Serikat.

  3. Akhuda says:

    sip, i got it, berarti ketika Malaysia beralih ke masa industri, Malaysia masih mampu bersaing dalam perdagangan karena ekspornya tidak tergantung dengan USA, dan terdifersifikasi tujuan ekspornya.

  4. akhirnyaaaa, ada juga yg hasil RCA nya menunjukkan bahwa si Malaysia~eksportir mengalami ‘disadvantage comparative’ terhadap negara tujuan ekspornya. dari hasil perhitungan yg gw dapat juga di indeks RCA malaysia ke Jepang, si malaysia memang ga punya kemampuan ‘revealed’ terhadap Jepang🙂 dan dari 10 komoditas unggulannya juga ternyata memang barang-barang primer bernilai tambah rendah. dan lgi produk unggulan malaysia yang bahan non primer, tapi bernilai tambah rendah itu seperti plastik dan perangkat listrik sederhana semakin tersaingi di pasar international oleh si Jagoan Cina :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: