RCA Indonesia Terhadap Pasar USA Tahun 2005

Atikah Fathinah
1006689795

Pada tahun 2005, total ekspor Indonesia ke USA hampir mencapai US$52 milyar. Nilai ekspor yang sangat tinggi tersebut cukup mampu menggambarkan kondisi spesialisasi dan daya saing ekspor Indonesia ke pasar dunia. Untuk itu, perhitungan nilai RCA Indonesia terhadap pasar USA menjadi salah satu hal yang menarik sebagai representasi daya saing dan komoditas ekspor unggulan Indonesia di pasar dunia.

Revealed Comparative Advantage (RCA) merupakan suatu indeks untuk mengukur tingkat keunggulan (comparative advantage) suatu negara terhadap negara lain akan suatu komoditas. Konsep RCA diperkenalkan pertama kali oleh Balassa pada tahun 1965. Selain itu, RCA dapat menggambarkan tingkat daya saing dan spesialisasi perdagangan akan sebuah negara. RCA dihitung dengan membandingkan nilai share gross import negara tujuan akan suatu komoditas dari suatu negara dan dari seluruh pesaing negara pengekspor tersebut, misalnya pasar dunia. Lihat Bagan 1. Penggunaan nilai gross import dilakukan untuk menghindari terjadinya mirroring, yaitu kesalahan dalam penghitungan ekspor. RCA yang bernilai lebih dari 1 menggambarkan keadaan suatu negara memiliki daya saing akan komoditas tersebut di pasar negara tujuan relatif terhadap seluruh pesaing negara tersebut, dan vice versa.

Bagan 1. Rumus RCA

RCA

Grafik 1. Komoditas Ekspor Unggulan Indonesia ke USA tahun 2005

RCA Indo to USA

Sumber : comtrade.un.org, diolah

Untuk menghitung nilai RCA pada ekspor Indonesia ke USA pada tahun 2005 digunakan data impor USA dari Indonesia dan pasar dunia, sebagai proksi dari seluruh pesaing Indonesia di pasar USA. Grafik di atas menggambarkan kesepuluh komoditas ekspor unggulan Indonesia ke USA memiliki nilai RCA lebih dari 1. Komoditas unggulan Indonesia tersebut memiliki daya saing yang tinggi secara relatif terhadap pasar dunia. Kesepuluh komoditas tersebut ialah komoditas yang berbasis sumber daya alam, seperti timah, kakao, kopi, teh, karet dan produk karet, daging, dan hasil laut. Selain itu, keunggulan Indonesia terletak pada komoditas yang merupakan unskilled labor intensive, seperti alat-alat instrumen musik dan TPT (tekstil dan pakaian).

Hal ini disebabkan oleh masih tergantungnya Indonesia kepada sektor bahan mentah dan barang setengah jadi yang berteknologi rendah. Semestinya Indonesia sudah beralih fokus kepada sektor industri manufaktur dan jasa yang berteknologi tinggi, seperti Taiwan dan Korea Selatan. Hal ini bertujuan meningkatkan nilai net ekspor dan daya saing Indonesia di pasar dunia. Bagaimanapun, kondisi infrastruktur dan sumber daya manusia di Indonesia masih belum siap untuk peralihan tersebut. Diperkirakan akan memerlukan proses yang cukup lama bagi Indonesia untuk mencapai kondisi tersebut.

Referensi

UN Comtrade, comtrade.un.org, diakses pada 30 Desember 2012.

Balassa Index of Revealed Comparative Advantage, http://www.ecares.org/ecare/personal/conconi$/web/rca.pdf, diakses pada 4 Januari 2013.

3 thoughts on “RCA Indonesia Terhadap Pasar USA Tahun 2005

  1. mutiaraddini says:

    Super setuju soal infrastruktur dan sumber daya manusia Indonesia yang inadequate untuk mencapai economic growth yang optimal. Padahal potensi Indonesia besar banget, sangat disayangkan ya. Infrastruktur itu betul-betul plan Pemerintah yang butuh immediate action. Impactnya sangat besar terkait aktivitas ekonomi yang dilakukan di sini.

  2. Akhuda says:

    Thanks for the analysis tik ! anyway, Saya mengerjakan CMSA untuk ekspor Indonesia terhadap USA, setelah melihat datanya, saya sedikit kaget bahwa kontribusi ekspor indonesia terhadap USA tertinggi adalah dari komoditas tekstil . Apakah Hal ini mencerminkan bahwa kualitas maupun dari produktifitas industri tekstil kita semakin baik ataukah memang karena harga tekstil kita yang murah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: