Analisis RCA Komoditas Ekspor Thailand Terhadap Pasar Amerika Serikat Tahun 2010

Oleh:

Blenda D. E. W.

1006771320

grafik rca usa thaii

RCA (Revealed Comparative Advantage) adalah salah satu cara mengukur keunggulan produk yang dapat diperbandingkan dalam suatu daerah atau kawasan. Nilai RCA suatu produk yang lebih besar dari 1 menunjukkan bahwa produk tersebut memiliki comparative advantage. Sebaliknya, nilai RCA yang kurang dari 1 menunjukkan produk tersebut tidak memiliki comparative advantage.

Jika kita analisis besarnya RCA barang yang dieskpor Thailand terhadap pasar Amerika Serikat pada tahun 2010, maka kita akan menemukan 30 produk ekspor Thailand yang memiliki comparative advantage. Sementara itu, grafik di atas menunjukkan 10 produk ekspor Thailand yang memiliki comparative advantage tertinggi yang sebagian besar terdiri dari produk makanan, hasil perikanan, karet, timah, dan barang manufaktur. Banyaknya produk ekspor Thailand terhadap AS yang bersifat comparative advantage menunjukkan bahwa Thailand memiliki ketergantungan  ekspor yang tinggi terhadap pasar AS.

Selain menilai comparative advantage produk ekspor suatu barang, nilai RCA juga menentukan seberapa besar daya saing suatu barang ekspor. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa barang ekspor Thailand seperti produk makanan, karet, timah, dan barang manufaktur memiliki daya saing yang tinggi di pasar AS dibandingkan dengan barang ekspor yang berasal dari negara lain.

Reference

1.Thailand:Economy (http://mongabay.com/reference/new_profiles/324.html)

2. wits.worldbank.org (5 Januari 2012)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: