RCA Filipina terhadap pasar China Tahun 2010

Sumber: UNCOMTRADE, diolah

Sumber: UNCOMTRADE, diolah

RCA Filipina terhadap pasar China Tahun 2010

 

Revealed Comparative Advantage (RCA) adalah sebuah indeks untuk mengukur comparative advantage suatu negara pada 1 periode. RCA dikembangkan sebagai second best methodology untuk mengukur comparative advantage di Ricardian Model (Sanidas & Shin).

Dalam perhitungan ini digunakan data gross import sebagai antisipasi kesalahan perhitungan ekspor. Sehingga dalam mengukur ekspor Filipina ke China digunakan data impor di China dari Filipina dan dari dunia. Ketika indeks RCA bernilai lebih dari 1, berarti negara tersebut (dalam hal ini Filipina) memiliki keunggulan dalam memproduksi barang tersebut untuk China relatif terhadap dunia (seluruh negara lain), atau dengan kata lain, Filipina memiliki daya saing di sektor tersebut.

Bagi Filipina, China adalah negara tujuan ekspor ketiga terbesar di kawasan Asia (11.1%).  Secara umum, Filipina memilki 10 produk ekspor ke China yang memiliki comparative advantage. Barang dengan daya saing tertinggi adalah buah dan kacang yang dapat dimakan sedangkan pada posisi ke10 adalah lemak dan minyak binatang serta produk turunannya. Empat dari 10 sektor merupakan barang makanan (primary product) sedangkan enam lainnya adalah barang olahan yang membutuhkan teknologi tinggi (medium dan high tech manufacture product). Hal ini sejalan dengan ekspor Filipina yang 85,1% adalah barang manufaktur. Sehingga dapat dikatakan, Filipina mengekspor capital-intensive goods yang menggunakan semi-skilled dan technical labor. Walau demikian, barang-barang yang diimpor China dari Filipina ini adalah intermediate inputs industri China, seperti peralatan elektronik, bahan tekstil, dan tembaga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: