CONSTANT MARKET SHARE ANALYSIS THAILAND TO USA 2005-2010

Jazman Ihsanuddin, 1006763432

Pendahuluan

Constant market share analysis merupakan suatu alat yang digunakan untuk menganalisis perubahan ekspor suatu negara (Merkies & van der Meer, 1988). Ada tiga efek yang menentukan perubahan ekspor ini, yaitu import growth effect, composition effect, dan competitiveness effect. Ketiga efek ini dapat dijelaskan dengan formula sebagai berikut.

Image

Sumber: Leamer & Stern (1970)

Di dalam papernya, Merkies & van der Meer (1988) memberikan interpretasi dari efek-efek tersebut. Import growth effect memberikan gambaran bahwa nilai ekspor suatu negara pada komoditas tertentu berubah akibat perubahan pangsa pasar di negara tujuan . Composition effect mengindikasikan bahwa perubahan nilai ekspor suatu negara pada komoditas tertentu diakibatkan oleh perubahan relatif tingkat pertumbuhan total ekspor produk tertentu dari negara pengekspor terhadap tingkat pertumbuhan total ekspor dunia. Sedangkan competitiveness effect menggambarkan bahwa  peningkatan perbedaan antara ekspor suatu negara disebabkan oleh negara pengekspor telah mempertahankan pangsa pasarnya di setiap komoditas (Leamer & Stern, 1970).

 

Analisis Ekspor Thailand ke USA Tahun 2005-2010

Berikut ini adalah tabel yang menggambarkan lima komoditas ekspor Thailand ke Amerika Serikat yang memiliki total effect terbesar.

 

 

Tabel 1: Lima Komoditas Ekspor Thailand ke USA dengan Total Effect Terbesar

Product Code

Product Description

Total Effect

Import Growth Effect

Composition Effect

Competitiveness Effect

16

Prep of meat, fish or crustaceans,

0.0865

4.4248

-4.3786

0.0403

10

Cereals

0.0431

3.0275

-2.7891

-0.1953

80

Tin and articles thereof.

0.0381

0.0746

-0.0701

0.0336

40

Rubber and articles thereof.

0.0239

0.9542

-0.9340

0.0038

23

Residues & waste from the food indu

0.0176

0.8560

-0.8110

-0.0275

Sumber: Perhitungan penulis

Kelima produk ekspor terebut adalah prep of meat, fish, or crustaceans (HS 16), cereals (HS 10), tin and articles thereof (HS 80), rubber and articles thereof (HS 40), dan residues & waste from the food industry (HS 23). HS 16 memiliki total effect, import growth effect, dan competitiveness effect yang positif. Sedangkan composition effect-nya bernilai negatif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa kenaikan nilai ekspor HS 16 Thailand ke Amerika Serikat disebabkan karena kenaikan nilai ekspor produk sejenis ke Amerika Serikat oleh negara lain dan kenaikan tingkat kompetitifnya dengan produk sejenis di pasar Amerika Serikat. Akan tetapi, produk ini tidak memiliki keunggulan komposisi dibandingkan dengan produk sejenis di pasar Amerika Serikat. HS 10 memiliki total effect dan import growth effect yang positif, sedangkan composition effect dan competitiveness effect-nya negatif. Hal ini menandakan bahwa kenaikan nilai ekspor produk HS 10 Thailand ke Amerika Serikat lebih disebabkan karena kenaikan nilai ekspor produk sejenis dunia ke Amerika Serikat. Namun, produk ini kurang memiliki tingkat kompetitif dan kekurangan komposisi yang unggul dibandingkan dengan produk sejenis di pasar Amerika Serikat.

 HS 80 memiliki total effect, import growth effect, dan competitiveness effect yang positif. Sedangkan composition effect-nya negatif. Hal ini menggambarkan bahwa nilai ekspor Thailand atas produk tersebut ke Amerika Serikat naik disebabkan karena kenaikan nilai ekspor produk sejenis dunia ke Amerika Serikat dan produk tersebut dinilai kompetitif dengan produk sejenis di pasar Amerika Serikat. Akan tetapi, komposisi produk tersebut kalah dengan produk sejenis di pasar Amerika Serikat. HS 40 memiliki total effect, import growth effect, dan competitiveness effect yang positif. Sedangkan composition effect-nya negatif. Hal ini berarti bahwa kenaikan nilai produk ekspor Thailand ke Amerika Serikat ini disebabkan karena kenaikan nilai ekspor produk sejenis dari dunia ke Amerika Serikat dan produk ini mengalami kenaikan tingkat kompetitif dibandingkan produk sejenis di pasar Amerika Serikat. Namun, produk ini mengalami penurunan komposisi jika dibandingkan dengan produk sejenis di pasar Amerika Serikat.

HS 23 memiliki total effect dan import growth effect yang positif, sedangkan composition effect dan competitiveness effect yang negatif. Hal ini berarti bahwa kenaikan nilai ekspor Thailand ke Amerika Serikat pada produk ini hanya disebabkan karena kenaikan nilai ekspor produk sejenis oleh dunia ke Amerika Serikat. Produk ini tidak memiliki keunggulan komposisi dan kompetisi jika dibandingkan dengan produk sejenis di pasar Amerika Serikat.

 

Kesimpulan

Dari kelima produk tersebut dapat disimpulkan bahwa kenaikan nilai ekspor produk-produk tersebut lebih disebabkan karena kenaikan nilai ekspor dunia dan kenaikan tingkat kompetitif pada produk-produk tertentu. Sayangnya, kenaikan nilai ekspor kelima produk terebut tidak disebabkan karena kenaikan komposisinya.

 

Reference

Gilbert, J. (2010, Oktober 27). Asia-Pasific Research and Training Network on Trade. Retrieved from United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pasific: http://www.unescap.org/tid/artnet/mtg/tdgc_gilbert.pdf

Juswanto, W., & Mulyanti, P. (2003, Desember). Indonesia’s Manufactured Exports: A constant market share analysis. Jurnal Keuangan dan Moneter, 6(2), 97-106.

Leamer, E. E., & Stern, R. M. (1970). Quantitative International Economics. Boston: Allyn & Bacon, Inc.

Merkies, A. H., & van der Meer, T. (1988). A Theoretical Foundation for Constant Market Share Analysis. empec, 13, 65-80.

World Bank. (2012, Desember 28). Trade Data (UN Comtrade). Retrieved from World Integrated Trade Solution: http://wits.worldbank.org/

 

Tagged

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: