Growth Indonesia Vs Growth Japan vs Growth US (1975-1990)

 

Utami Putri Manvi

1006662175

% GDP GROWTH INDONESIA , JAPAN, US ,YEARLY

Grafik ini menjelaskan   persentase perubahan pertumbuhan Produk Domestic Bruto (GDP) pertahun di Indonesia, Jepang   dan Amerika Serikat dari tahun 1975 sampai tahun 1990.  Pertumbuhan GDP merefleksikan  pertumbuhan ekonomi yang terjadi dalam suatu negara dilihat dari  indikator perubahan tingkat pendapatan , konsumsi, dan nilai tambah suatu produk dari priode sebelumnya. Berdasarkan grafik diatas dapat dilihat bahwa  trend grafik pertumbuhan ekonomi Negara Indonesia, Amerika berfluktuatif, namun Jepang cendrung lebih stabil.  Pertumbuhan GDP Indonesia secara rata- rata lebih tinggi dibandingkan Jepang ataupun  Amerika (lihat grafik warna biru). Hal ini disebabkan karena Indonesia dalam priode ini  mendapatkan keuntungan dari oil boom sehingga meningkatkan penerimaan dalam negeri dan pemerintahan Indonesia pada priode ini juga fokus terhadap pembangunan di Indonesia .Sebelum tahun 1980 Indonesia mengalami proses pembangunan ekonomi yang spektakuler pada tahun 1978 ditandai  pertumbuhan GDP  mencapai 9,21%. Hal ini di dukung juga dengan  iklim perekonomian internasional yang kondusif sehingga pertumbuhan GDP mengalami trend yang positif  baik Indonesia, Jepang maupun  Amerika.

Namun pada tahun 1980 terjadi krisis global disebabkan menurunnya harga minyak mentah sehingga  pertumbuhan ekonomi melambat, investasi domestik dan asing menurun, pengeluaran pemerintah pada proyek investasi padat modal berkurang dan pendapatan ekspor juga menurun.Hal ini berdampak dimana pertumbuhan GDP menjadi sangat lambat baik di Indonesia, Jepang maupun Amerika. Global krisis ini paling berdampak pada perekonomian pada tahun 1982 membuat pertumbuhan GDP   Indonesia menurun tajam bahkan Amerika mengalami pertumbuhan GDP negative. Hal yang harus kita sadari walaupun pertumbuhan GDP Indonesia secara rata – rata  lebih tinggi dibandingkan dengan Jepang dan Amerika, namun pada kenyataannya pertumbuhan GDP yang tinggi belum merefleksikan kesejahteraan penduduk Indonesia lebih tinggi dibandingkan Amerika dan Jepang.

Referensi :

http://data.worldbank.org

http://www.bi.go.id/NR/rdonlyres/AA4D2448-9C78-46D0-8E38 882AC5AD10FF/24872/IskandarSimorangkir.pdf

diakses tanggal 24Novembe r 2012

Economic and Political Weekly1984 , “World Economic Crisis and Third World in mid 1980s “by : Andre Gunder Frank (http://www.jstor.org/stable/4373249) diakses tanggal 24 November 2012

 

One thought on “Growth Indonesia Vs Growth Japan vs Growth US (1975-1990)

  1. Hallo Utami!

    it’s great that you pointed out the impact of oil boom to Indonesia’s growth in 1978! now at least you can get some sense of what happens in the 1970s and 1980s in Indonesia.
    Ada baiknya juga selain menunjukkan secara grafik bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia pada periodet tersebut lebih tinggi daripada AS dan Jepang, baik juga untuk menyebutkan berapa rata-ratanya🙂
    Selain itu, seperti kita pelajari di mata kuliah makro dan ekonomi pembangunan, memang pada umumnya economic growth negara berkembang lebih tinggi daripada negara maju.. (pasti bisa jelasin dong kenapa?🙂 )

    btw, artikel dari BI-nya kok aku ga bisa akses ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: