Monthly Data Real Exchange Rate 2006-2011 IDR/USD dan IDR/EUR

Panji Caraka Djani
1006690102

 

Grafik diatas menunjukkan pola fluktuasi dari real exchange rate Rupiah terhadap  US dollar serta real exchange rate dari Rupiah terhadap mata uang Euro. Dari tahun 2006 sampai dengan bulan Mei 2008, mata uang Rupiah terhadap US dollar dapat dikatakan relatif stabil, akan tetapi mulai  bulan Juni 2008 terdapat “spike” nilai mata uang rupiah yang meningkat secara cukup signifikan. Hal ini dapat dikarenakan terjadinya krisis finansial di Amerika yang pada bulan-bulan tersebut mencapai puncak krisisnya dengan diadakanannya nasionalisasi beberapa perusahaan, serta terjadinya kebangkrutan Lehmann Brothers yang memperburuk krisis. Namun kondisi tersebut tidak bertahan lama karena pada bulan Desember 2008 US Dollar kembali relatif menguat, dan hingga saat ini dapat dikatakan nilai kurs riil Rupiah terhadap US Dollar relatif stabil.

Pada grafik kedua, dijelaskan mengenai nilai kurs riil Rupiah terhadap Euro. Apabila melihat tren dari grafik tersebut, hingga bulan Juni tahun 2008, mata uang Rupiah terhadap Euro cenderung stabil. Namun sama seperti kondisi US dollar, pada Juni 2008, terjadi “spike” nilai mata uang Rupiah terhadap Euro. Hal ini disebabkan Global Financial Crisis yang memiliki dampak besar terhadap perekonomian di dunia. Terlebih pada range waktu tersebut, banyak negara Eropa yang tidak mampu membayar hutang mereka sehingga hal ini menyebabkan Real Exchange Rate dari Euro menjadi lemah. Karena krisis Euro yang berkelanjutan sampai saat ini, nilai Real Exchange Rate dari Rupiah terhadap Euro cenderung menguat dibandingkan pada awal 2006.

Kedua grafik diatas menunjukkan bahwa pada dasarnya perekonomian Indonesia tetap relatif stabil, meski juga menghadapi Global Financial Crisis sama halnya dengan semua negara di dunia. Akan tetapi nilai mata uang Rupiah yang cenderung menguat belum tentu menguntungkan perekonomian Indonesia itu sendiri, karena pada krisis global, meski Rupiah menguat, akan tetapi permintaan ekspor Indonesia ke luar, maupun FDI yang masuk ke Indonesia berkurang.

 

Sumber:

http://www.fxtop.com

http://www.rateinflation.com

ftp://ftp.bls.gov/pub/special.requests/cpi/cpiai.txt

http://www.bps.go.id

http://timeline.stlouisfed.org/index.cfm?p=timeline

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: