Trade-to-GDP; Indonesia vs United States

 

Data tersebut menunjukkan dua hal yaitu pertama Indonesia memiliki Trade-to-GDP yang persentasenya lebih besar dibandingkan Amerika Serikat dan kedua rasio Trade-to-GDP Indonesia cenderung lebih fluktuatif dibandingkan Amerika Serikat. Kedua perbedaan ini yang seringkali merupakan hal-hal yang membedakan developing countries dengan developed countries.

 

Fluktuasi perdagangan (trade) di Indonesia dipengaruhi oleh nilai tukar mata uang, harga barang dan demand akan barang dan jasa yang diperdangkan.  Penurunan perdangangan yang tajam pada awal tahun 2008 hinggal awal tahun 2009 disebabkan shok oleh adanya financial crisis di Eropa. Setelah tahun 2009 trade Indonesia mengalami peningkatan sebagian besar disebabkan oleh meningkatnya demand akan barang impor dari dalam negri. Perdagangan di Indonesia juga didominasi oleh minyak. Oleh sebab itu harga minyak membawa pengaruh penting dalam perdangangan di Indonesia.

 

Berbeda dengan kasus Indonesia, trade-to-GDP Amerika serikat cenderung stabil dan mengalami peningkatan yang lambat. Selain itu financial crisis pada tahun 2008 tidak terlalu mempengaruhi trade Amerika Serikat. Hal ini dapat dikarenakan oleh pertama mata uang Amerika Serikat yang stabil dan kedua sektor jasanya yang mampu membantu sektor barangnya dan juga Amerika Serikat melakukan perdangan dengan negara besar yang tidak mendapatkan dampak dari krisis finansial Eropa seperti Cina dan Jepang.

Referensi : stats.oecd.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: