Perkembangan Tahunan Nilai Tukar Riil Rp/USD dan Rp/Euro Periode 1990-2011

Oleh: Eka Aulia Labibah/ 1006662061

Mahasiswi Ilmu Ekonomi FEUI

Sumber: Data Diolah

Perkembangan fluktuatif yang ditunjukkan oleh naik-turunnya garis dalam grafik diatas menunjukkan perkembangan nilai tukar Rupiah terhadap Dollar (USD; yang ditunjukkan oleh garis coklat) dan Euro (EUR; yang ditunjukkan oleh garis hijau). Real exchange rate (nilai tukar riil) merupakan nilai tukar antar dua negara yang memperhitungkan nilai tukar nominal dengan rasio harga barang dan jasa agregat. Dollar dan Euro merupakan dua mata uang utama di dunia yang dijadikan patokan hampir seluruh dunia untuk dibandingkan dengan nilai mata uang masing-masing negara lainnya. Secara keseluruhan, dapat dilihat bahwa nilai tukar riil Rupiah lebih kuat terhadap kurs Euro karena rasio harga barang dan jasa Rp/Euro lebih rendah dibanding Rp/USD.

Peralihan sistem nilai tukar yang dianut Indonesia membuat  otoritas moneter harus lebih memerhatikan kebijakan apa saja yang sebaiknya diambil untuk mengendalikan fluktuasi nilai tukar. Pergerakan nilai tukar Rp/USD sebelum tahun 1998 cenderung tidak terjadi perubahan yang signifikan, hal ini terkait dengan sistem nilai tukar yang dianut saat itu yaitu managed floating. Bahkan pada tahun 1994, nilai tukar riil Rupiah terhadap Euro sempat menguat. Hal ini mengindikasikan mata uang Rupiah mengalami apresiasi riil terhadap mata uang Euro sehingga harga barang Indonesia di Eropa bernilai lebih mahal dan harga barang dari Eropa menjadi lebih murah. Sejak tanggal 14 Agustus 1997 sistem nilai tukar di Indonesia beralih dari sistem mengambang terkendali  (managed/floating system) menjadi sistem yang mengambang penuh atau bebas (freely floating system) sehingga menyebabkan posisi nilai tukar rupiah ditentukan oleh mekanisme pasar. Nilai tukar rupiah secara simultan mendapat tekanan yang cukup berat karena besarnya capital outflow  sebagai dampak dari hilangnya kepercayaan investor asing terhadap prospek perekonomian Indonesia. Pergerakan nilai tukar semakin sulit untuk diprediksi dengan sistem nilai tukar mengambang bebas ini karena pergerakan nilai tukar yang berdasarkan kekuatan permintaan dan penawaran valuta asing di pasar tanpa ada campur tangan dari otoritas moneter. Tidak heran, nilai Rupiah langsung turun drastis (anjlok); baik terhadap US Dollar maupun terhadap Euro; pada tahun 1998 sehingga menyebabkan Indonesia mengalami krisis moneter dimana depresiasi mata uang Indonesia tidak dapat dihindarkan. Hal tersebut bisa mengindikasikan bahwa harga barang Indonesia di luar negeri menjadi lebih murah namun harga barang impor di Indonesia lebih mahal. Bahkan, saat itu masyarakat Indonesia lebih memilih untuk memegang uang dollar daripada mata uang negaranya sendiri. Kemudian, sepanjang tahun 2002 hingga tahun 2011, nilai Rupiah terhadap US Dollar secara perlahan namun pasti cenderung meningkat dan stabil sebagai bentuk recovery dari pasca krisis moneter dan pasca krisis keuangan global dimana hal tersebut memang membuat perekonomian Indonesia melambat namun tidak menghambat. Namun, kestabilan ini tidak menular bagi mata uang Rupiah terhadap Euro.Ternyata, krisis keuangan Eropa sempat membuat posisi nilai tukar Rupiah terhadap Euro melemah sepanjang tahun2004-2005 dan tahun 2008-2009 karena adanya pelepasan portfolio investasi pada saham dan Surat Berharga Negara (SBN).

Dengan demikian, kestabilan nilai rupiah dan nilai tukar menjadi prasyarat demi tercapainya pertumbuhan ekonomi yang pada gilirannya mampu mensejahterakan rakyat. Hal ini juga menjadi landasan yang kokoh bagi pelaksanaan dan perekonomian Indonesia di tengah-tengah semakin kompetitif dan terintegrasinya perekonomian dunia sehingga peningkatan pendapatan riil masyarakat dapat tercapai serta menguatkan daya saing perekonomian Indonesia di mata dunia.

Sumber Data:

www.fxtop.com

www.bps.go.id

www.rateinflation.com

www.indexmundi.com

Referensi:

http://www.bppk.depkeu.go.id/bdk/medan/index.php?option=com_content&view=article&id=144:-menguji-kekuatan-rupiah-mengenang-kembali-65-tahun-oeang-repoeblik-indonesia&catid=10:umum

http://lontar.ui.ac.id/file?file=digital/131352-T%2027626-Peranan%20faktor-Pendahuluan.pdf

Krisis Keuangan Eropa: Dampak terhadap Perekonomian Indonesia oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

One thought on “Perkembangan Tahunan Nilai Tukar Riil Rp/USD dan Rp/Euro Periode 1990-2011

  1. Iit Saputra says:

    Assalamu’alaikum, mbak untuk pengolahan cara mencari nilai tukar riil itu sendiri bagaimana ya mbak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: