Growth Indonesia vs Growth Singapore vs Growth Thailand, quarterly, 2006 Q1 – 2011 Q4

Nama : Raisha Nurul Zahra

NPM : 1006771434

No. Urut : 40

Data Source: aric.adb.org

Grafik diatas memperlihatkan persentase GDP growth quarterly dengan menggunakan year-on-year base di Indonesia, Singapore, dan Thailand. Secara keseluruhan, GDP growth Indonesia dari tahun 2006 – 2011 bersifat stabil. Sedangkan Singapore dan Thailand bersifat fluktuatif. Pada grafik tersebut terlihat bahwa pada awal tahun 2006 GDP Growth Singapore merupakan yang tertinggi di antara ketiga negara tersebut.  Hal ini dikarenakan perekonomian Singapore sedang tumbuh cukup cepat sebagai dampak dari dorongan sektor manufaktur dan jasa. Ekonomi Singapore diuntungkan dengan tiga tahun pertumbuhan global yang kuat, dengan ekonomi AS yang kuat maka memicu permintaan barang yang diproduksi dan harga minyak yang tinggi memicu lonjakan dalam output. Saat itu Singapore dikatakan memiliki pelabuhan tersibuk di dunia, dan menjadi rumah bagi dua produsen terbesar minyak dunia. Penurunan  pertumbuhan GDP Singapore selama tahun 2006 sampai dengan pertengahan 2007 diakibatkan oleh penurunan ekonomi di Amerika Serikat. Sedangkan penurunan GDP growth yang terjadi pada Thailand dikarenakan oleh adanya kudeta politik saat itu dan Thailand sedang berada di bawah rezim junta militer yang dipimpin oleh Jenderal Surayud Chulanont.

Selama kuartal pertama tahun 2009, Singapore dan Thailand mengalami pertumbuhan GDP yang negatif secara signifikan. Hal tersebut diakibatkan oleh dampak dari krisis finansial global yang baru dirasakan pada awal tahun 2009. Pada bulan Juli 2008, perekonomian Singapura berada dalam resesi teknis (dua kuartal pertumbuhan negatif) akibat krisis ekonomi global. Singapura adalah negara Timur Asia pertama yang mengalami resesi akibat krisis ekonomi global 2008. Resesi datang terutama melalui jatuhnya ekspor non migas dalam barang-barang manufaktur, yang disebabkan oleh memburuknya kondisi ekonomi secara keseluruhan di AS dan Eropa. Kondisi ekonomi di Singapura juga dipengaruhi oleh kerugian besar dari runtuhnya pasar saham akibat krisis global. Pada tahun 2009, perekonomian Thailand secara keseluruhan mengalami kontraksi, untuk pertama kalinya krisis keuangan global secara signifikan mempengaruhi negara-negara mitra dagang utama Thailand. Akibatnya, ekspor Thailand menyusut tajam yang juga mempengaruhi produksi manufaktur, konsumsi domestik dan juga investasi. Perekonomian Indonesia pada tahun 2008 relatif kurang terpengaruh oleh krisis global dibandingkan negara tetangga. Sehingga GDP growth Indonesia memiliki kecenderungan stabil dari tahun 2006 – 2011.

Pada kuartal 1 dan 2 tahun 2010, pertumbuhan GDP Singapore dan Thailand mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh dampak dari proses recovery kedua negara itu terhadap krisis finansial global tahun 2008. Di Asia, permintaan domestik akan terus mendorong intra-regional arus perdagangan dan menguntungkan sektor perdagangan grosir Singapura. Selain itu, faktor domestik seperti ekspansi kapasitas dalam elektronik dan cluster manufaktur biomedis mendukung pertumbuhan di sektor manufaktur pada tahun 2011. Di tahun 2010, Thailand secara keseluruhan masih dikontrak karena perlambatan ekspor dan penurunan konsumsi, disebabkan oleh hilangnya pendapatan usaha tani selama kekeringan parah. Faktor yang berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Thailand tahun 2011 ialah ketegangan politik dalam negeri dan penurunan ekspor, di antaranya disebabkan oleh tiga faktor utama yaitu krisis keuangan global, apresiasi baht (mata uang lokal) dengan biaya meningkat di Thailand. Sedangkan Indonesia masih memiliki GDP growth yang cukup stabil dikarenakan tidak banyak dipengaruhi oleh external factors.

Data Sources :

aric.adb.org

References :

http://www.eaber.org/sites/default/files/documents/WPS_2008_49.pdf

http://www.eastasiaforum.org/2009/01/05/riding-the-global-economic-crisis-in-singapore/

http://edition.cnn.com/2009/BUSINESS/01/02/singapore.economy/index.html

http://www.bot.or.th/English/EconomicConditions/Thai/report/AnnualReport_Doc/AnnualReport_2009.pdf

http://www.tradingeconomics.com/thailand/gdp-growth

http://www.business-standard.com/india/news/singapore-posts-145-gdp-growth-in-2010/425631/

http://www.business-in-asia.com/thailand/thailand_economy2011.html

One thought on “Growth Indonesia vs Growth Singapore vs Growth Thailand, quarterly, 2006 Q1 – 2011 Q4

  1. Mara Oloan Siregar says:

    Komentar terhadap grafik tersebut harus menyeluruh walaupun singkat, dan dimulai dari tahap awal (2006), ke bagian tengah yang sangat signifikan penurunan pertumbuhanbagi S’pore dan Thailand, baru kemudian pada bagian priode berikutnya dimana pertumbuhan ekonomi ketiga negara kembali menguat terutama S’pore. Itu baru menyangkut alur penjelasan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: